OPS : FieldArt Ingress XFaction Garuda Nusantara

Sitrep OPS FieldArt Ingress XFaction Garuda Nusantara

Suatu hari, di tanggal 22 Juli 2016 muncul ide untuk membuat FieldArt, mengingat hari raya Kemerdekaan Indonesia sudah dekat. Selain itu juga munculnya game saudara dari mama Niantic, Pokémon GO, yg lahir prematur (belum sah, tp banyak yg main) membuat “completed training wave” ramai di comm. Alasannya rata-rata mereka mendapat info XM yg berceceran di game Ingress adalah letak Pokémon (ntahlah…). Usulan @Yohanes17 membuat OPS FieldArt didukung oleh @cahselo @CumiPanggang dkk. Lantas @cahselo mengusulkan untuk crossfaction esoknya.

@Yohanes17 mencoba menggambar Garuda dengan menggunakan cluster portal ugm, karena jumlah portal dan posisinya kurang srek, jadinya kayak Pokémon Lugia 😂. Akhirnya bersama @CumiPanggang gambar pun jadi. Penggunaan area field tidak tanggung-tanggung, dari ujung utara di bagian ringroad, hingga ujung selatan di daerah km 0 Jogja, ujung timur di daerah gejayan, hingga ujung barat di jl magelang, 10 km dari tiap ujung ke ujung. Penggunaan area di dalam kota mengkhawatirkan karena munculnya pemain baru yang suka happylink 😅. @cahkurangturu mendapat respon positif dari agen ENLIGHTENED yg bersedia untuk ikut ambil bagian dalam FieldArt, hingga akhirnya diputuskan untuk XFaction.

Meet up dan planning pada 10 Agustus 2016, pembagian warna area, sepakat RESISTANCE mewarnai bagian kepala dan perisai, ENLIGHTENED mewarnai bagian sayap, ekor anchor di buat starburst, RES di barat, ENL di timur (@s555u, @DevoToDios, @kingbutho @highestopia, @tixoez, @agpamungkas, @whitepearl123, @CumiPanggang, @wendy4547, @Natanjani, @Zempox, @gendut86, @cahkurangturu, @Yohanes17, @deniker). Sebelumnya 8 Agustus 2016, farming kunci jangkar ekor bagian timur dalam 2 hari terkumpul 140+ kunci, beruntung para key farmer, nongkrong di Indomaret Point, Sagan, sambil menyimak dedek gemesh yang…….maap oot 😅.

Tanggal 11 Agustus 2016 sore hari, @CumiPanggang @FrancShad @BlackMover mencoba farming kunci jangkar barat (Panti Rapih Water Tower) alhasil hanya terkumpul 35 kunci karena letak portal berada di parkiran karyawan RS Panti Rapih, terbatas pada jam jenguk pasien. Di hari yang sama, farm key anchor sayap. 12-13 Agustus 2016 farming kunci ke Panti Rapih Water Tower gagal, dijaga oleh satpam. 14 Agustus 2016, @DrawRanger dan @gudegmercon sempat farming kunci tetapi diusir satpam sebelum @s555u @CumiPanggang @Yohanes17 @wendy4547 ikut masuk. Plan B disiapkan, portal Panti Rapih Water Tower digeser ke Taman RS Panti Rapih, merombak field perisai yg awalnya segi 7 menjadi segi 5, plan A disesuaikan dengan bentuk perisai yg melengkung, plan B disesuaikan dengan jumlah sila dalam Pancasila. Perubahan jangkar ekor barat sangat mendadak H-3 eksekusi, segala cara dilakukan untuk mewujudkan plan, mod farm VR + 3x fracker, dalam waktu satu jam, satu portal dihujani 5 hacker 😱. Terkumpul hampir sekitar 130 kunci. Malam harinya meet up lagi dengan ENL dan planning ulang perpindahan anchor barat, sharing item, mematangkan plan.

14 Agustus 2016, pengkondisian lapangan, menghilangkan beberapa crosslink, tunnel, dan membuat frame area FieldArt. Persiapan 80% siap. 15 Agustus 2016, mendapat kabar pagi om Daniel a. k. a @GustavSchwere (ENL) kecelakaan sehingga kemungkinan tidak bisa ikut OPS, malam hari membuat rangka kepala, sayap, dan perisai oleh @DrawRanger (RES) @skripsi (ENL) @nonana (ENL).

16 Agustus 2016, hari eksekusi, @Yohanes17 kehabisan paket data 😅. Jam 8 pagi bangun, sisa-sisa paketan digunakan untuk info ke grup, jam 9 ngacir ke kampus cari WiFi gretongan, mandi? Kagak meeen 😏 tertolong WiFi kampus, ternyata dicariin di grup (maaf, lupa beli kak hehe). @tixoez mulai clearing blok utara dari jam 10, kondisi sayap timur dan perisai telah jadi rangkanya, tinggal barat masih terdapat blok link. Jam 10, @CumiPanggang baru melek langsung diarahkan ke teknik ugm (gatau mandi apa kagak), @Kanyenkee dan @deniker bersih-bersih blok barat di daerah jl. Monjali. Jam 12 siang, hampir 95% area (kecuali starburst ekor) bersih dari bloklink. @DevoToDios sekitar jam 1 memberi kabar berangkat bersama @GustavSchwere 😱. Ternyata eh ternyata om @GustavSchwere gemes menyimak grup saat ramai-ramainya clearing dan planning 😅. @tixoez @ojetisme @nonana @dandelassie @agpamungkas @Kanyenkee @Rositaa @highestopia @CumiPanggang @jimb01 @wendy4547 @DrawRanger @cahselo @fadian maafkan @Yohanes17 dan terima kasih sempet mampir di kampus 🙇🙏 gara-gara kepepet paketan hehe, terutama @highestopia yg sempet diusir satpam kampus, maaf…..next, briefing selesai para agen mulai melakukan tugasnya masing-masing menggarap field. Jam 2 start, bagian perisai lebih dulu jadi, disusul sayap timur, lalu kepala, yang terakhir sayap barat, jam 4 seluruh bagian field telah jadi.

Briefing sebagian agen untuk menggarap starburst, tiba-tiba cuaca mendung, jam 5 berangkat dari UGM, sekitar pukul 5.14 WIB, hujan 😅. Para agen berteduh di angkringan mas Tri, CDT. @whitepearl123 dan @pamungkas2 selesai kerja nyata dan langsung masuk clearing, menjaga daerah baciro yg tiba-tiba link sampai ke tugu. Hujan reda, agen menyebar, daerah malioboro-kotabaru-lempuyangan diatasi agen RES. @cahkurangturu – @DevoToDios, @dandelassie – @nonana, @GustavSchwere – @gendut86 menggarap ekor timur. Jam 9.50, FieldArt telah selesai dan dilanjutkan ngumpul hore :3

Agen yang terlibat

RESISTANCE:

– agpamungkas
– BangJow
– BlackMover
– cahkurangturu
– cahselo
– CatastrofeaR
– CumiPanggang
– dandelassie
– dankerx
– deniker
– DrawRanger
– eLscyros
– fadian
– FrancShad
– gendut86
– gudegmercon
– jimb01
– Kanyenkee
– locla27
– Natanjani
– ojetisme
– pamungkas2
– Rositaa
– s555u
– tixoez
– wendy4547
– whitepearl123
– Yohanes17
– Zempox

ENLIGHTENED:

– DevoToDios
– GustavSchwere
– highestopia
– nonana
– skripsi
– kingbutho

Terima kasih bantuannya meramaikan Kemerdekaan Indonesia #FieldArt#DirgahayuIndonesia71#IngressXFaction +Ingress Indonesia Resistance​​​​​ +Ingress Indonesia​​​​

Video #OpsGarudaNusantarahttps://www.instagram.com/p/BJQcquwjcHd/